Selamat Datang

Selamat datang di Blogspot kami, baca dan nikmati berita yang ada disini, bila perlu tinggalkan komentar

Thursday 10 February 2011

Thomas alva Edison ( Ilmuwan dengan 1100 Penemuannya )



                   
          Thomas Alva Edison

      Dilahirkan di Milan, Ohio, sebagai anak bungsu dari tujuh bersaudara, Edison  pindah dengan orang tuannya  ke  Port Huron, Michigan, ketika berusia 7 tahun. Pada usia 12 tahun ia mendapatkan pekerjaan menjual surat kabar di kereta api Grand Trunk Railway yang menuju Detroit.




      Suatu hari, Edison menyelamatkan putra seorang kepala stasiun yang tersesat. Ayahnya yang sangat bersyukur itu pun mengajarkan telegrafi kepada Edison. Dengan uang yang ia peroleh, ia beli buku buku tentang listrik. Pada tahun 1869, Edison pindah ke New York City. Eksperimen-eksperimanya menuntunnya untuk merancang telegraf yang dimodifi-   kasikan, yang mencetak harga harga saham pada selembar kertas. Ia jual invensinya tersebut, yang akan  sangat bermanfaat bagi Wall street, dengan harga $40,000.


      
      Edison membuat bengkel kerjannya sendiri di Newark, New Jersey, dan segera membentuk Laboratorium riset Amerika Serikat yang pertama disana. Ia kepalai sekelompok pekerja ilmiah yang bertujuan menemukan, mempatenka, dan menghasilkan penemuan-penemuan  demi keuntungan. Pada
tahun 1876, ia pindah antara laboratorium riset dengan pabrik menlo park, New Jersey


      Invensi besar pertama Edison di Menlo Park adalah Fonograf ( 1877 ), suatu alat yang merekam suara yang dituliskan sebagai gelombang pada sebuah silinder berlapis timah. Berikutnya Edison beralih kepada  cara praktis untuk menhasilkan cahaya dengan listrik. Setelah lebih dari satu tahun ujicoba dimana ia menghabiskan  $50,000, sukses pun datang ketika ia gunakan benang yang telah terbakar sebagai filamen. Pada tanggal 21 Oktober 1879 Edison mengalirkan listrik lewat benang katun yang telah dikarbonisasikan. Benang katun ini menyala selama 40 jam.

      Penemuan-penemuan Edison segera menjadikannya seorang selebriti terkenal, ia menjadi dikenal sebagai Tukang Sihir Menlo Park. Selain talenta ilmiahnya, ia juga terbukti seorang pengusaha yang cerdik. Pada tahun 1882, ia buka stasiun listrik komersil yang pertama di New York City. Menjelang akhir dekade tersebut, ia telah mengorganisasikan sejumlah perusahaan untuk membentuk Edison General Electric Company ( E.G.E.C ).

     Menjelang akhir abad, Edison bereksperimen dengan gambar bergerak. Pada tahun 1903, perusahaannya menhasilkan, The Great Robbery, film cerita yang pertama. 10 tahun kemudian ia berhasil mensinkronkan suara dari Fonograf dengan proyektor film untuk menghasilkan film bicara yang pertama.

      Secara Keseluruhan, seumur hidupnya Edison memegang paten hampir 1.100 invensi, beragam mulai dari Transmitter ( pengirim sinyal )yang digunakan pada telpon dan jenis kamera baru hingga yang jauh lebih sederhana seperti kertas lilin, Rumah dan Laboratoriumnya dipertahankan sebagai Edison National Historic Site, West Orange, New Jersey.





Kata Kata yang menjadikan Motivasinya


 

oleh : Andika Alauddin W.

No comments:

Post a Comment