Selamat Datang

Selamat datang di Blogspot kami, baca dan nikmati berita yang ada disini, bila perlu tinggalkan komentar

Thursday 10 February 2011

Benjamin Franklin ( Penemu Penangkal Petir )

        BENJAMIN FRANKLIN


        Karir Benjamin Franklin yang mengesankan mencakup pekerjaan sebagai penerbit, penulis, penemuan, ilmuwanm dan diplomat. Dialah Ilmuwan terkenal pertama di wilayah jajahan Amerika. Franklin adalah anak ke-15 dari 17 bersaudara, anak yang dilahirkan seorang pembuat lilin yang miskin. Ia hanya 2 tahun sekolah dasar. Ia bekerja pertama-tama bagi ayahnya lalu bagi kakak lelakinya, seorang penerbit. Pada tahun 1723, di usia 17 tahun, ia sudah hidup mandiri.
         
         Tahun berikutnya seorang pemilik toko di Philadelphia mengirimnya ke Inggris sebagai pembeli. Masalah letter of credit membuatnya terkatung di London. Ia tinggal di Inggris selama 18 bulan sebelum menemukan jalan pulang ke wilayah jajahan. Di Philadelphia, ia buka toko percetakannya sendiri. Ia mulai mencetak surat kabar dan menerbitkan Poor Richard's Almanack.

         Mengarahkan minatnya pada ilmu pengetahuan, pada tahun 1743, Franklin menyatakan bahwa jalur badai utama di Amerika Utara adalah dari barat-daya. Studinnya tentang kompor panas menuntunnya untuk membangun sebuah kompor besi cor yang diletakkan di sebuah ruangan dan lebih efisien sebagai pemanas daripada perapian. Ia gambarkan Kompor Franklin itu dalam sebuah pamflet pada tahun 1744 tetapi tidak mematenkannya. Belakangan kompor Franklin menjadi alat pemanas yang umum di wilayah jajahan maupun di Eropa.

          Eksperimen-eksperimen listrik Franklin dimulai pada tahun 1747 ketika ia dapatkan sebuah wadah Leyden , suatu bentuk kapasitor  , alay yang menyimpan muatan listrik. Ia gunakan plus (+) dan minus (-) untuk mewakili kelebihan atau kekurangan listrik. Ia menerapkan 3 hukum listrik statis
  1) Muatan listrik yang tidak sejenis saling tarik menarik
  2) Muatan listrik yang sejenis saling tolak-menolak
  3) Suatu benda yang bermuatan akan menarik non-konduktor yang tidak berkekuatan
Franklin mengirimkan surat-surat tentang eksperimen-eksperimennya kepada teman-temannya di Inggris yang membacakannya di hadapan Royal Society. Pada tahun 1751, Franklin pun menjadi terkenal di seluruh penjuru eropa sebagai seorang ilmuwan  dan dipilih menjadi anggota Society tersebut.

          Pada tahun 1752, Franklin membuktikan bahwa petir adalah pembuangan muatan kistrik statis dengan mengadakan eksperimen layang-layangnya yang spektakuler dan berbahaya ketika sedang terjadi badai guntur. Petir yang ia tangkap dalam wadah Leyden mempunyai aspek-aspek yang sama seperti listrik statis. Franklin mengamati bahwa listrik statis itu menghilang ketika didekatkan dengan sebuah konduktor yang berujung tajam. Maka ia menemukan Penangkal petir  untuk melindungi gedung-gedung kayu terhadap kebakaran akibat tersambar petir.

          Dari tahun 1757-1775 Franklin mewakili kepentingan wilayah jajahan di Inggris. Ketika itu ia menemukan kacamata bifokal dan mempublikasikan keberadaan Gulf Stream. Sementara pemerintahan Inggris semakin menindas, ia melihat kemerdekaan dari Inggris adalah satu-satunya solusi. Pada tahun 1776, ia bantu menyusun Deklarasi Kemerdekaan dan menjadi salah seorang yang menandatanganinya. Dialah yang mewakili Amerika Serikat di Prancis selama perang Revolusioner. Franklin sungguh seorang negarawan besar sekaligus ilmuwan besar.

No comments:

Post a Comment